Komunitas Jamer di Kota merauke

25 02 2009

Bagi sebagian orang komunitas Jamer ini sendiri belum banyak diketahui, akan tetapi sebenarnya kalau dilihat keberadaannya sudah cukup lama ada. Melihat latar belakang histories keberadaan komunitas warga jawa yang sudah ada dan mendiami kota merauke dari tahun 1902 sampai dengan sekarang, yang mana pada waktu itu masyarakat Jawa banyak dipekerjakan sebagai pekerja oleh Belanda kala itu.

Dalam perkembangannya, orang-orang Jawa ini kemudian beranak-pinak dan melahirkan keturunan yang lahir dan besar di tanah Animha. Yang unik dari mereka ini kebanyakan tidak bisa berbahasa Jawa sama sekali. Hal inilah yang kemudian lahir istilah “ JAMER” atau lebih dikenal sebagai orang Jawa kelahiran Merauke. Istilah ini pun akhirnya lebih dikenal di masyarakat, karena komunitas jamer ini mendiami dan tersebar hampir sebagian besar kota Merauke. dan menjadi warga kelas dua selain warga asli dari Suku Marind (suku asli Merauke).

Dan kemudian munculah sebutan “ Marin Puanim” bagi komunitas Jawa dan mempunyai derajad yang sama dengan masyarakat asli. Dan dalam perkembangannya sampai saat ini, kumunitas Jawa di Merauke sudah banyak melahirkan keturunan yang lahir dan besar di kota Merauke dan telah banyak memberikan kontribusi yang besar bagi perkembangan kota Merauke. Namun dalam perjalanannya komunitas Jamer merasa akan semakin terpinggirkan oleh komunitas lainnya yang turut serta berperan dalam memajukan kota Merauke dewasa ini. Dengan semakin banyaknya suku lain yang mendiami kota Merauke.


Hal inilah yang melatar belakangi Komunitas Jamer mulai berbenah diri dalam kiprahnya memajukan kota Merauke. Dengan cita rasa memiliki sebagai anak kelahiran tanah ini, maka dirasa perlu mencari media lain yang menjebatani aspirasi komunitas Jamer dengan pemerintah dan komunitas lainnya. Maka dengan kesepakatan bersama, dan dilandasi oleh latar belakang diatas kemudian saya mencoba mendirikan radio komunitas dengan nama “ Radio Komunitas Jamer FM (JM FM) “. Walaupun banyak kendala sana-sini dalam pembentukannya saya tetap semangat dan optimis. Mudah-mudahan teman-teman lain yang sudah lama berkecimpung di radio komunitas dapat membantu saya memberi masukan-masukan yang sangat berarti. Salam.


Aksi

Information

2 responses

30 04 2009
anaknya bapak mek

woi ini yang buat siapa ka??

1 07 2010
katuk

JM_FM frekwensi brapa?
studio’y dimana?

Tinggalkan komentar